Sabtu, 12 Juli 2014

3 HAL TIDAK AKAN DICAPAI TANPA 3 HAL

3 HAL TIDAK AKAN DICAPAI TANPA 3 HAL


Menurut Abu Bakar as-Siddiq ra ada tida perkara yang tidak dapar dicapai dengan tiga perkara yaitu :

1.    Kekayaan tidak dapat dicapai atau tidak akan diperoleh hanya dengan cita-cita dan bekerja keras saja, akan tetapi semua itu atas kehendak Allah.   
2.    Keremajaan tidak akan diperoleh dengan disemir.  
3.    Kesehatan tidak akan diperoleh dengan obat semata, akan tetapi atas seizin Allah.

Yang dimaksud dengan, " Kekayaan tidak dapat dicapai atau tidak akan diperoleh hanya dengan cita-cita dan bekerja keras saja, akan tetapi semua itu atas kehendak Allah." Artinya janganlah apa yang telah kita kerjakan hasil yang telah kita nikmati itu murni dari hasil pemikiran dan kerja keras sendiri, akan tetapi semua itu tetap hasil dari bantuan Allah. Kita tidak akan bisa berbuat apa-apa kalau tanpa dibantu oleh Allah. Segala daya upaya yang kita lakukan itu adalah atas bantuan Allah ( Laa haula walaa quwwata illa billahil'aliyyil 'adziim )

Kemudian yang dimaksud dengan, "  Keremajaan tidak akan diperoleh dengan disemir." artinya segala sesuatu itu tidak dapat dicapai dengan instant, akan tetapi harus melalui proses. Apabila kita ingin berhasil meraih kesuksesan, maka kita tidak bisa hanya berpangku tangan saja, atau minta tolong kepada teman saja, akan tetapi kita harus terjun sendiri, langsung menghadapinya, segala cobaan, halangan dan  rintangan harus siap dihadapinya. Tidak boleh mengeluh, kerja penuh dengan semangat yang tinggi, tidk kenal yang namanya putus asa. Pokoknya harus punya tekad ; "Saya harus bisa, Saya harus mampu, Saya harus kuat, Saya tidak boleh cengeng, gampang menyerah pada keadaan Saya harus berani dan sejenisnya". Dan kalimat kalimat seperti ini harus terhujam di hati kita yang terdalam dan harus ditumbuh kembangkan

Kemudian yang dimaksud dengan, " Kesehatan tidak akan diperoleh dengan obat semata, akan tetapi atas seizin Allah." artinya seandainya kita sakit lalu berobat kepada dokter, setelah itu belum juga sembum, berobat ke dokter lainnya, juga belum sembuh, sampai ke dokter spesialis , juga belum sembuh. Mulai deh sumpah serapah keluar yang dikata ini obat apaan harganya mahal kok gak mampu mengobati sakitku, dokter apaan, hanya mau ambil duitku saja sampai dokter spesialis juga sama, jangan-jangan mereka itu hanya dokter instant, dokter karbitan. Waow sudah hampir semua kata-kata buruk keluar deh. Lagi dalam keadaan arah itu tiba-tiba datang teman karibnya dan menanyakan ada masalah apa. Lalu diceritakanlah semuanya. Temannya tertawa dan berkata " Semua itu usaha sudah dilakukan olehmu namun sayangnya kamu tidak mau mendekati yang bisa mengatasi persoalanmu yaitu berdoa memohon kepada Allah agar apa yang dilakukan itu mohon diridoi. Sekarang kamu ambil air putih deh segelas, bawa kesini. Diapun ambil apa yang dikatakan. Sekarang kamu minta sama Allah apa yang kamu inginkan dengan khusyu dan yakin, terus kamu baca sebisa apa yang kamu tahu, setelah itu kamu minum airnya. Lalu dia lakukan apa yang diucapkan oleh temannya, dan ajaib apa yang dirasakan  pada badannya hilang lenyap sama sekali, dia merasa segar alias dia sembuh. Sekarang secara kasab mata obat yang harganya ratusan ribu tidak dapat menyembuhkan, namun hanya dengan air segelas dan justru atas usaha sendiri kok bisa sembuh.  Dari  uraian ini mestinya kita memahami bahwa apapun yang terjadi di dunia ini termasuk apa yang dialami kita itu semuanya atas seizin Allah, atas kehendak-Nya, tanpa itu maka sungguh tidak akan terjadi.

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delapan Hal yang Membatalkan Puasa

Delapan Hal Yang Membatalkan Puasa Selain harus melaksanakan kewajiban-kewajiban pada saat puasa, kita juga dituntut untuk menjaga diri da...